Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Ponsel Android Lemot

Cara mengatasi android lemot
Tips Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot atau Lambat Android merupakan inovasi yang diluncurkan oleh para ahli dalam mendukung kemampuan smartphone yang dari segi komponen dan fitur semakin berkembang.

Untuk mengimbangi hal tersebut banyak developer sistem operasi meningkatkan kualitas fitur yang dihadirkan didalamnya. Banyaknya tawaran harga handphone android diera milenium ini, mulai dari 500 ribuan hingga puluhan juta tersedia menyesuaikan kebutuhan spesifikasi yang anda inginkan, misalnya Mito Fantasy Mini yang diluncurkan oleh pabrikan lokal dengan harga 800 ribuan sudah menggunakan OS Jelly Bean. Di Indonesia sendiri android itu sudah bukan menjadi barang mewah, sebab bisa kita lihat hampir semua kalangan saat ini menggunakan hp berbasis OS Android milik Google tersebut. 

Dari segi kemudahan, HP Android lebih unggul dari sistem operasi mobile lainnya karena gampang diedit sesuai pengaturan sang pengguna. Namun walaupun begitu, banyak perangkat seluler Android yang mengalami perlambatan sistem atau biasa disebut Lag/lemot, keadaan dimana smartphone mengalami keadaan lambat dalam menjalankan perintah maupun aplikasi yang bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari spesiflkasi ponsel tidak cukup tangguh melakukan multitasking atau anda terlalu banyak menginstall aplikasi maupun cache aplikasi yang menumpuk mengakibatkan Ponsel Android menjadi lemot.

Nah bagi Anda yang menggunakan Ponsel Android dengan minim RAM, pada kesempatan kali ini, blog Caraciri123 akan membagikan  tips cara mengatasi Ponsel Android yang lemot atau lambat, simak dan perhatikan info dibawah ini untuk mengatasi masalah melambatnya Ponsel Androidmu. 

Tips Mengatasi Hp Android Lemot 

Memori internal penuh :
Perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak menyimpan data atau menginstall aplikasi di memori internal bisa membuat kinerja ponsel menjadi berat. Sebagai saran saja, ebih baik menyeimbangi pengguna memori yang ada. 

Membersihkan cache :
Menjalankan aplikasi terkadang bisa meninggalkan sisa data penyimpanan berkelanjutan atau disebut cache, namun tahukah kamu bahwa penumpukan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut dapat menjadi faktor memperlambat kerja Ponsel Android Anda. Cache juga biasa disebut dengan history jika pada browser. Untuk mencegah sistem menjadi lag akibat penumpukan cache ini kita bisa membersihkannya mengguna aplikasi khusus yang bisa di download di Google Play Store

Terlalu banyak widget :
Sebagian orang menghiasi Ponsel Android mereka dengan berbagai widget yang tujuannya untuk memperindah tampilan atau sekedar untuk membuat kesan imut atau iucu dilayarnya, terutama dengan menggunakan Live wallpaper tetapi diketahui bahwa hal itu bisa memakan daya baterai yang banyak dan akan memperlambat sistem di handphone Anda. Oleh karena itu sebaiknya anda hanya menginstal widget yang benar-benar dirasa penting dan menghindari penggunaan Live Wallpaper. 

Update firmaware :
Firmware merupakan sistem operasi pada perangkat seluler dan pasti saja memiliki update versi tersendiri. Cara mengatasi Posel Android yang lemot lainnya adalah dengan selalu mengupdate Versi dari OS yang digunakan di smartphone karena dengan begitu bisa memberikan peningkatan kinerjanya juga bisa mengatasi masalah aplikasi yang tidak kompatibel. 

Mengatasi Hp Android Lemot

Memori RAM Penuh :
Sebenarnya RAM penuh sama seperti point yang pertama yakni Karena banyak membuka aplikasi. Tak hanya itu saja, tidak membuka aplikasi juga bisa membuat RAM penuh. Jika anda perhatikan aplikasi messenger seperti BBM ataupun WhatsApp, walaupun anda tidak membukanya tetap saja aplikasi tersebut membutuhkan Ruang memori. Kenapa? Karena aplikasi tersebut berjalan di belakang layar. Intinya adalah aplikasi yang berjalan, entah itu terbuka atau tidak tetap membutuhkan RAM. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu banyak dalam menjalankan aplikasi di Android. 

Wallpaper Animasi dan Tema :
Jika kita perhatikan wallpaper animasi dan tema memang terlihat menarik dan keren. Banyak sekali aplikasi launcher yang menyediakan tema unik, lucu, dan keren, tapi dibalik itu semua, tema android sangat membutuhkan memori RAM yang cukup besar. Nah, apabila anda menggunakan tema tapi tidak diimbangi dengan penggunaan aplikasi lainnya tentunya Android akan serasa sangat berat. Terbukti saya sendiri memasang tema dan saat menjalankan aplikasi BBM, Line, dan UC Browser secara bersamaan ternyata android serasa sangat berat sekali. 

Menjalankan banyak aplikasi bersamaan bisa mengganggu proses dan mengakibatkan loading menjadi lama karena tugas processor menjadi sangat berat. Solusinya ialah ketika sudah selesai menjalankan aplikasi sebaiknya ditutup dan jika tidak terlalu diperlukan jangan pernah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. 

Oke sampai disini dulu informasi dari Caraciri123, Tips dan Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot atau Lambat yang disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan adanya tips dan trik diatas diharapkan para pengguna android lebih bijak dalam menggunakan perangkatnya dan menjaga keoptimalan sistem android agar tidak menimbulkan perlambatan kinerja. Terima Kasih. 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Ponsel Android Lemot"